Kamis, 19 November 2009

OPSI 2009 Tumbuhkan Budaya Keilmuan

Ilmu pengetahuan berkembang salah satunya adalah dari tumbuhnya rasa penasaran intelektual (intelectual curiosity). Kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2009 merupakan bagian dari intelektual curiosity. Penelitian hendaknya dijadikan tradisi untuk memberikan kemanfaatan bagi umat manusia.

"Lomba seperti ini bukan sekedar menampilkan hasil karya dari adik - adik sekalian, tetapi yang lebih mahal daripada itu adalah menguji logika - logika yang adik - adik kembangkan. Kemudian prosedur - prosedur yang adik tuangkan dan semuanya itu bagian dari kaidah keilmuan, kaidah pengembangan, dan ujung - ujungnya kita berharap tumbuh yang namanya budaya keilmuan itu," kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh kepada para peserta OPSI 2009 di Plaza Depdiknas, Jakarta, Rabu (18/11/2009) .

Mendiknas meminta agar dengan penelitian akan mempersulit persoalan, tetapi menjawab persoalan itu. Orientasinya adalah pada kemanfaatan. "Jangan sekedar penelitian untuk penelitian. Suasana atmosfer ini menjadi atmosfer yang sangat bagus untuk menumbuhkan prinsip - prinsip dan tradisi - tradisi keilmuan," katanya saat membuka OPSI 2009.

Pada kegiatan yang berlangsung mulai 16-20 November 2009 ini para peserta akan melakukan gelar poster dan pameran hasil penelitian di masing - masing stand pameran yang disediakan panitia. Selanjutnya, para peserta akan mempresentasikan hasil penelitian mereka pada dewan juri melalui wawancara di lokasi pameran. Penilaian mencakup makalah terbaik, display terbaik, dan interaksi terbaik. Adapun bidang - bidang yang diteliti meliputi bidang Ekologi yakni, Kimia, Lingkungan, dan Biologi dan bidang Sains yakni, Fisika, Matematika, dan Komputer/Informatika.

Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas Suyanto melaporkan, OPSI diselenggarakan bertujuan untuk menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian, menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA, memotivasi siswa SMA untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai minat dan bakatnya. "Pada akhirnya mendapatkan hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif," katanya. Suyanto mengatakan, OPSI merupakan perpaduan konsep olimpiade penelitian internasional baik yang diselenggarakan oleh PASIAD Indonesia maupun oleh International Conference of Young Scientiest yang lebih dikenal dengan ICYS. Dia menyebutkan, pada 2009 sebanyak 89 naskah penelitian terseleksi masuk ke babak poster dan pameran hasil penelitian. "Naskah penelitian masing - masing terdiri atas 58 naskah untuk kelompok ekologi dan 31 naskah untuk kelompok sains,

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008