Sabtu, 03 Juli 2010

Saresehan Nasional Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

DIKTI Muchlas Samani dan Kepala Pusat Kurikulum Diah Harianti mengadakan konferensi dan pers di Gerai Informasi dan Media, Kementerian Pendidikan Nasional, Kamis(13/01) siang.


Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan Sarasehan Nasional Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, di Hotel Bumikarsa, Jakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu dari 8 program kerja 100 hari Mendiknas.



Tujuan Saresahan nasional adalah untuk (1) menyatukan pandangan terhadap pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa pada setiap jenjang pendidikan; (2) memperoleh masukan yang komprehensip tentang pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa; dan (3) mengidentifikasi pengalaman terbaik (best practice) pelaksanaan pengembangan budaya dan karakter bangsa yang dapat dijadikan model; (4) merumuskan kerangka induk (grand design) pendidikan budaya dan karakter bangsa pada berbagai jenjang pendidikan.


Peserta sarasehan diikuti sebanyak 195 orang, terdiri dari pakar pendidikan , tokoh masyarakat, budayawan, agamawan, akademisi, birokrat, praktisi, pengelola pendidikan, pemerhati pendidikan, dan pihak lain yang terkait.

Adapun hasil yang diharapakan dari kegiatan sarasehan ini adalah: (1) sikap dan komitmen terhadap perlunya pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Sistem Pendidikan Nasional; (2) rumusan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa dan setiap jenjang pendidikan yang dihasilkan dari berbagai pandangan tokoh-tokoh masyarakat yang peduli dan komit terhadap pendidikan budaya dan karakter bangsa; (3) program tindak lanjut untuk mengembangkan kerangka induk (grand design) pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dilengkapi panduan pada setiap jenjang pendidikan.

Selain kegiatan Sarasehan Nasional ini, juga akan dilaksanakan Pagelaran Budaya pada Kamis, 14 Januari 2010 pukul 19.30 WIB di Plaza Depdiknas Gedung A, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, dengan acara: Orasi Budaya bersama Mendiknas Mohammad Nuh, Seniman, dan Budayawan, serta tokoh masyarakat, pembacaan puisi, dan pagelaran budaya bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng. Pagelaran Budaya ini akan di hadiri sebanyak 15 Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008