Senin, 18 Oktober 2010

SMK Bisa Menciptakan Tenaga Kerja Siap Pakai Tidak Mudah Memang Menyiapkan Tenaga Kerja Siap Pakai Siap Kerja

Program “SMK BISA” yang dicanangkan pemerintah merupakan tanda dibukanya gerbang persaingan sehat dunia pendidikan. Asumsi yang memandang SMK sebelah mata telah mengakhiri eranya. Karena itu, animo masyarakat untuk melanjutkan ke SMK meningkat drastis.

Menanggapi tingginya animo masyarakat tersebut, membuat Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang program studi Kimia Industri terus melakukan pemebenahan diberbagai sisinya, baik dari sisi manajemen, system pendidikan, sarana maupun pemanfaatan ICT dalam bidang manajemen dan pemeblajaran.

Brand Kompeten, Disiplin, Profesional dan Berkualitas merupakan jaminan utama sekolah yang beralamat di Jl,Barito No.5 Malang ini. Dengan berbagai inovasi yang telah dilakukan, Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang ingin menjadikan lembaga pendidikannya sebagai lembaga pendidikan yang “terdepan dalam pilihan“.

Agar bisa diterima dan dibutuhkan di dunia kerja atau industri, seorang siswa harus memiliki disiplin yang tinggi. Karena orang yang disiplin itu akan lebih bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan. SMK PIM berhasil meracik sistem pendidikan yang menekankan pada disiplin dan dan tanggungjawab pribadi yang tinggi.

Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia mengedepankan pelayanan prima terhadap peserta didiknya, karena peserta didik dianggap sebagai mitra.. Disini siswa dibimbing dari awal hingga tamat, bahkan lulusan yang belum mendapatkan pekerjaan juga tetap berada dalam tanggung jawab sekolah secara moril. Hal ini ditunjang dengan adanya job fair bursakerja yang diadakan oleh humas SMK PI. Acara job fair ini bias dilaksanakan tentunya karena dukungan dan kepercayaan dunia kerja terhadap SMK Putra Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya rekrutmen oleh beberapa industri di sekolah sebelum lulusan siswanya.

Tidak mudah memang menyiapkan tenaga kerja siap pakai, siap kerja, mandiri, dan dapat diterima oleh dunia kerja /industry. Menyadari hal ini, telah banyak upaya yang telah dilakukan SMK PIM, diantaranya Validasi kurikulum. Dalam pelaksanaan Validasi Kurikulum ini, SMK PIM melibatkan dunia industry, sehinga bias dihasilkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan dunia industry dan dunia kerja.

Di samping melakukan perbaikan kurikulum melalui Validasi Kurikulum, SMK PIM juga mengembangkan metode pembelajaran berdasarkan teknik edukasi modern yang berdasar kajian ilmiah. Dalam Prakerin atau praktek kerja industry, siswa akan mencoba, merasakan, dan terjun langsung di dunia industri. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga dan menyenangkan bagi siswa. Hal ini bertujuan agar siswa terlatih dan mempunyai pengalaman bagaimana dunia industri itu sebenarnya , mulai dari suasana kerja hingga skill yang dibutuhkan. Siswa akan menjadi terbiasa dan berusaha untuk bersosialisasi dalam lingkungan tersebut. Sehingga saat siswa lulus dan terjun ke dunia industry, tidak merasa aneh , gugup dan siap mengembangkan potensi diri secara maksimal. Semua inovasi tersebut bertumpu kepada harapan akan hadirnya lulusan yang Kompeten, Disiplin, Profesional dan Berkualitas handal dalam menjalankan pekerjaan dan dapat memberikan solusi permasalahan yang ada di lapangan kerja.

Untuk meningkatkan dan mengembangkan jiwa mandiri dalam berwirausaha, SMK Putra Indonesia Malang juga menerapkan progam kewirausahaan. Dalam program ini, siswa dibekali bagaimana merencanakan, memproduksi, sampai dengan memasarkan suatu produk. Jadi tidak berlebihan jika dikatakan SMK Putra Indonesia Malang Sudah “BISA” menciptakan tenaga profesional yang mampu bersaing dalam dunia kerja global, menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja, menciptakan lulusan yang siap mandiri di tengah himpitan sistem yang serba sulit, Maka jangan heran jika puluhan siswa SMK Putra Indonesia Malang lulusan 2010 kemarin bahkan sudah diterima di berbagai perusahaan sebelum diwisuda.

Kegiatan Ekstrakurikuler juga tak luput dari perhatian SMK Putra Indonesia Malang, banyak prestasi yang telah diraih oleh siswa, baik di tingkat kodya/kab, propinsi bahkan sampai tingkat Nasional. Melalui kegiatan Ekstrakurikuler siswa dapat mengembangkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan potensi, bakat, dan minat mereka Selain juga dapat mengembangkan jiwa kompetitif dan sebagai sarana menumbuhkan sikap (attitude). Yang terakhir ini adalah modal yang paling berharga bagi kehidupan di mana pun kita berada.

Semua itulah yang membuat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap SMK Putra Indonesia Malang meningkat drastis. Itulah yang terjadi saat ini, hal ini dibuktikan dengan membludaknya pendaftar di gelombang I, walaupun pendaftaranya diadakan sebelum pendaftaran SMA Negeri /SMK Negeri. Dalam seleksi PSB gelombang I, sekitar 25% pendaftar tidak diterima. Bagi lulusan SMP yang punya minat menekuni profesi imia industry, SMK PIM masih memberikan kesempatan untuk mendaftar pada gelombang II sampai dengan 2 juli 2010. Merupakan sebuah pilihan yang rasional mendaftar di sekolah yang dikenal dengan nama SMK PI-M .

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008